Bagaimana Cara Membuat Gambar Lebih SEO?

Optimasi pada gambar adalah salah satu cara dari sekian banyak trik seo yang perlu anda lakukan agar dapat menaikan traffic pada halaman web milik anda dan juga dapat dibaca oleh mesin pencari.

Banyak diantara para ahli seo yang memperaktekannya, untuk optimasi pada gambar sebetulnya sangatlah mudah, akan tetapi masih banyak juga website atau blog yang belum dapat melakukan trik ini, apalagi bagi mereka para pemilik blog yang masih pemula, yang biasanya hanya berfokus pada design templatnya saja dengan tanpa menghiraukan isi yang terdapat pada artikel tersebut. Gambar sebetulnya adalah hal yang dapat sangat membantu anda untuk mendatangkan visitor.

Hampir pada semua mesin pencari ternyata sudah banyak yang menggunakan pencariannya dengan menggunakan gambar seperti yang telah kita ketahui yaitu google, yahoo dan bing adalah beberapa pelopor dari mesin pencarian gambar. Jadi sebetulnya ini sudahlah bukan hal yang baru lagi yang dapat anda lakukan agar dapat mendatangkan vitor.

Okeh sob jadi disini pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk mengoptimasi gambar agar dapat seo frendly dan juga bisa mendatangkan pengunjung. Berikut ini adalah caranya:

  1. Pilihlah Gambar Yang Ringan

Hal yang harus pertama kali untuk anda optimasi adalah gambar. Agar supaya ramah terhadap seo dan pada mesin pencari iyalah dengan cara memilih sebuah gambar yang memiliki size ringan atau tidak berat ketika sedang dimuat oleh browser. Sebab apabila size gamabarnya terlalu besar, maka si pengguna pun akan merasa berat juga dengan gambar yang  telah anda tampilkan tersebut. Dan hal ini pun yang nantinya akan memberatkan pada loading blog. Sehingga merekapun tidak akan melihat gambar yang telah anda tampilkan tersebut. Selain dari itu ternyata google atau mesin pencari dan yang lainnya pun sama saja tidak akan menambahkan gambar yang terdapat pada hasil pencarian apa bila gambar tersebut di nilai tidak layak untuk dimuat pada halaman browser. Inilah yang perlu anda perhatikan. Tentunya agar halaman browser dapat memuat gambar yang anda buat pada web atau blog, harus anda pastikan kalau size gambarnya berada pada kisaran di bawah 40 KB, dan apa bila melebihi dari kisaran tersebut, sangat disarankan bagi anda untuk memakai Image Compresser Tool agar supaya gambar yang anda buat menjadi ringan dan juga tidak akan mengurangi tampilannya.

2. Pilihlah Gambar Yang Menarik Dan Unik

Pada trik optimasi gambar yang kedua ini anda akan membuat dan juga memilih gambar yang sekiranya unik serta dapat menarik pengunjung. Yang dapat membuat para pengunjung mendatangi web atau blog yang anda miliki. Karena mereka menilai bahwasannya gambar yang anda miliki pada web atau blog sangatlah menarik dan unik.

3. Pasang ALT Pada Gambar

Untuk pemasangan atribut ALT ini sangatlah disarankan sekali oleh para mesin pencari. Karena itu gambar yang terdapat pada blog milik anda dapat terindex dengan sangat mudah. Dan juga yang sangat perlu anda ketahui, sebetulnya mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo ini tidak akan dapat mengindex gambar yang ada pada blog milik anda serta merayapi laman milik anda apa bila didalamnya tidak memiliki atribut ALT.  Maka dari itu yang terpenting dan paling harus anda perhatikan ketika anda akan menerbitkan sebuah postingan, sangat dianjurkan sekali untuk menggunakan gambar yang terpasang atrtibut ALT didalamnya.

Selanjutnya adalah pemasangan TITLE pada gambar. Pemasangan TITLE pada gambar adalah salah satu cara yang sebetulnya tidak kalah penting, karena dengan anda menggunakan atribut TITLE ini, mesin pencari akan dapat dengan mudah membaca gambar yang anda letakan pada postingan. Bukan hanya itu saja, dengan anda memberi keyword yang tepat pada saat anda sedang mengoptimasi gambar, logikanya seperti memberi nama Tag ALT pada judul nama postingan anda. Ini adalah salah satu cara meletakan keyword pada gambar.

4. Mengganti Nama Pada Gambar

Pada trik cara optimasi gambar yang ke empat ini iyalah dengan anda mengggantikan nama pada URL gambar tersebut agar supaya lebih user dan juga lebih mudah dipahami oleh mesin pencari. Meskipun trik atau cara ini kadang-kadang tidak terlalu efektif, akan tetapi dalam rangka mendukung terbacanya gambar pada postingan sebetulnya hal ini tidaklah akan sia-sia, karena pada kebanyakan ahli seo banyak juga yang menggunkan trik dan cara ini.

5. Meletakan Gambar Pada Awal Postingan

Kemudian yang selanjutnya pada optimasi gambar yang terakhir ini adalah dengan meletakkan gambar diawal pemostingan. Karena sangat diharapkan sekali dengan anda meletakan gambar pada awal pemostingan dapat terindex oleh robot bot dan sepider bot. Karena peletakan gambar tersebut diletakan lebih awal dari artikel. Akan tetapi semuanya itu terserah kepada anda masing-masing.

Ini adalah 5 poin penting dalam masalah optimasi gambar agar supaya menjadi lebih seo. Dengan tulisan yang singkat ini mudah-mudahan dapat anda pahami bagaimana seharusnya yang anda lakukan ketika sedang mengoptimasi gambar agar dapat ditampilkan pada halaman pencaraian.

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.