Ini Dia Berbagai Jenis Web Hosting!

Ini Dia Berbagai Jenis Web Hosting!

Sebagai pemula yang ingin memulai usaha di bisnis online, anda pasti butuh membuat website bukan? Dan sebelum membuat website anda mungkin bingung ingin menentukan web hosting yang seperti apa dan bagaimana agar bisa sesuai dan mencukupi kebutuhan anda. Untuk itu sangat penting bagi anda sebelum membeli web hosting untuk mengenali terlebih dahulu berbagai jenis web hosting.

Hal ini penting bagi anda untuk  diketahui karena dengan mengetahui berbagai macam jenis web hosting ini anda bisa dengan mudah memilih jenis paket hosting seperti apa yang anda butuhkan dan akan beli untuk situs web atau blog anda.

Pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan tentang berbagai jenis web hosting yang ada. Mana yang cocok untuk anda? Berikut penjelasannya.

Ini dia Berbagai Jenis Web Hosting

Sebagai informasi, berbagai jenis web hosting yang akan kami jelaskan di bawah ini mungkin tidak semuanya akan bisa Anda temui pada semua penyedia layanan hosting, karena kebanyakan dari mereka ada yang hanya menawarkan layanan seperti shared hosting dan VPS hosting tergantung kebijakan dan ketentuan masing-masing penyedia hosting. Hanya perusahaan besar yang menyediakan semua paket seperti di bawah ini:

1. Shared Hosting

Jenis web hosting yang pertama adalah Shared Hosting. Shared hosting adalah istilah yang digunakan bagi layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar. Cukup banyak WordPress web hosting menawarkan shared hosting dengan harga yang relatif cukup terjangkau. Jenis web hosting ini adalah jenis pilihan dengan harga yang paling murah dan terjangkau dibandingkan dengan web hosting lain seperti VPS atau Dedicated Server.

Shared Hosting Relatif Murah

Karena biayanya yang relatif rendah dibanding jenis web hosting lain, Shared web hosting seringkali dianggap sebagai jenis hosting yang paling cocok dan ideal untuk mengawali usaha online atau berbagai usaha kecil seperti  blog, situs web portofolio, dan sebagainya. Bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis online, kami sangat menyarankan menjaga biaya tetap rendah. Karena anda tidak perli mengeluarkan uang untuk sumber daya yang tidak perlu, sehingga uangnya bisa Anda pakai untuk keperluan lain atau keperluan mendadak dan darurat.

Mengapa shared web hosting harganya bisa sangat murah? Shared hosting harganya bisa sangat murah karena anda berbagi sebuah web server yang besar dengan orang lain. Contohnya seperti ini jika shared web hosting diibaratkan sebagai rumah. Jika anda menyewa suatu rumah sendiri, makan anda akan bertanggung jawab untuk membayar semua uang sewanya sendirian. Namun jika anda memiliki teman sekamar atau teman lain di dalam rumah tersebut, tentunya anda bisa membagi biaya sewa rumah tersebut dengan teman anda. Dengan begitu, tentu saja biaya sewa rumah tersebut akan menjadi lebih murah karena ditanggung beberapa orang.

2. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah jenis web hosting teknologi terbaru yang mungkin belum dapat anda temui di semua penyedia layanan web hosting. Cloud hosting merupakan jenis web hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman dibanding jenis web hosting lain karena tidak hanya mengandalkan satu server saja tapi menggunakan banyak server yang disebar pada berbagai titik dan di berbagai negara. Hal inilah yang menjadikan cloud hosting terbukti sangat aman karena jika satu server tidak bekerja maka server lain akan menggantikan.

Cloud hosting menjelaskan metode konfigurasi server dengan cara yang sangat fleksibel untuk memungkinkan kerja web yang paling terjangkau, terukur, dan dapat diandalkan dalam infrastruktur web. Memang cloud hosting mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan paket shared hosting, dan biaya yang dikenakan ada yang tergantung pada seberapa sumber daya yang kamu gunakan. Namun shared hosting ini akan cocok bagi situs yang berkembang setiap waktu dan menggunakan hosting jenis ini akan lebih aman dan akan mudah saat membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

3. Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting adalah jenis hosting yang di bangun khusus untuk menjalankan website dengan platform WordPress. Seperti yang kita semua tahu bahwa WordPress adalah CMS  yang paling populer saat ini dan menguasai semua jenis platform yang ada saat ini, dengan mengetahui hal tersebut banyak penyedia layanan hosting membangun server khusus bagi mereka pengguna WordPress.

Managed WordPress hosting khusus bagi pengguna WordPress

Menggunakan jenis web hosting ini memiliki beberapa kelebihan lain yang tidak dimiliki hosting lain adalah pada sisi server yang sudah di maksimalkan secara khusus supaya WordPress bisa berjalan dengan baik dan lancar, selain itu masih banyak pula terdapat berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan seperti berikut :

  • Update situs / WordPress secara otomatis. Jadi tidak perlu repot update secara manual
  • Backup harian / mingguan otomatis.
  • Pengoptimalan kecepatan terpasang melalui jaringan caching dan CDN.
  • Mekanisme keamanan terintegrasi dioptimalkan bagi WordPress.
  • Optimasi database built-in untuk WordPress.
  • Optimalisasi skalabilitas
  • Pengaturan server dimaksimalkan khusus untuk perangkat lunak WordPress.
  • Dukungan khusus dari ahli WordPress

4. VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server hosting) hosting menawarkan mesin virtual untuk klien. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat dimiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi ini memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan sistem operasi.

Contohnya, di lingkungan shared hosting semua klien berbagi sumber daya dari server yang sama. Kebanyakan penyedia layanan shared hosting memiliko skrip yang membatasi sumber daya dari komputer yang sama. Mayoritas penyedia layanan shared hosting memiliki skrip yang membatas sumber daya setiap klien, sehingga tidak ada satu klien pun yang menggunakan sumber daya. Namun klien tidak dijamin sumber daya komputasi yang dapat meningkat seiring berjalannya waktu tergantung pada jumlah klien yang menggunakan sumber daya tersebut pada saat yang sama.

Namun dengan menggunakan VPS hosting anda dijamin akan mendapat sumber daya karena menggunakan tekonologi virtualisasi. Hal ini memberikan klien dengan lingkungan hosting yang jauh lebih stabil dengan sedikit atau tidak ada fluktuasi sumber daya yang tersedia.

5. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal. Dedicated hosting cocok untuk website WordPress dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak. Karena sumber daya yang disediakan juga sangat banyak. Harga hosting jenis ini juga merupakan yang paling mahal.

Dedicated Hosting memudahkan anda

Itu dia berbagai jenis web hosting, jenis mana yang cocok bagi anda? Mau hosting yang manapun pastikan anda membelinya di www.idwebhost.com, karena menyediakan hosting dengan harga terjangkau.