Pengertian DNS

Okeh sahabat internet, setelah kita mengetahui istilah Hosting dan Domain ini, ternyata apa yang kita ketahui tentang istilah Hosting dan Domain ini masih belum cukup sempurna tanpa kita mengetahui istlah-istilah yang terdapat didalamnya. Karena sebetulnya masih banyak sekali istilah-istilah yang belum kita ketahui yang ada pada Hosting dan Domain tersebut. Mungkin disini admin akan menjelaskan salah satu istilah yang berkaitan dengan Domain yaitu DNS (Domain Name Server). Sebenarnya apa sih DNS ini?

Apa itu DNS? DNS atau dalam kata lain disebut juga dengan Domain Name Server adalah sebuah sistem yang berguna sebagai penyimpan informasi Domain dan Hosting pada jaringan, juga digunakan sebagai sebuah nama indentitas sever. Asal nya identitas tersebut adalah sebuah angka IP/Internet Protokol. Dengan identitas tersebut akan lebih memudah kan seseorang untuk mengingat nama server. Seperti : yahoo.com, google.com, facebook.com dan lain sebagainya.

DNS dapat membuat encode seperti menterjemahkan domain yahho.com kesebuah barisan angka yang unik yang merupakan IP. Contohnya seperti yahoo.com IPnya 13.32.45.112 dan ketika kita menulis angka 13.32.45.112 pada browser maka yang akan muncul adalah nama domain yahoo.com. Dengan barisan angka IP inilah 13.32.45.112 yang umumnya dipakai oleh mesin internet sebagai alat untuk berkomunikasi dengan server-server sepserti server Proxy, server Hosting, server Domain dan yang lalinnya.

DNS ini biasanya dimiliki oleh para penyedia layanan koneksi internet, misalnya Telkom, Telkomsel, Indosat dan lain sebagainya. Server DNS adalah sebuah ISP yang memiliki keahlian, spesifikasi, kecepatan dan pembacaan IPnya.

Maka dari itu, DNS yang sering kita pakai dapat menurun, dikarenakan saking banyaknyaa para user yang memakainya. Akan tetapi ada beberapa cara yang dapat mengatasinya, cara yang bisa kita pakai  biasnya haya dengan merubah-rubah IP DNS Servernya saja ketempat yang memeiliki koneksi yang masih sepi.

Jadi DNS adalah sebuah sistem penyimpan informasi domain dan hosting pada jaringan. Juga menjadi identitas server yang berasal dari IP. Sebagai pemudah pengguna dalam mengingat nama server.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.