Pengertian TLD (Top Level Domain)

Didalam internet terdapat banyak sekali istilah-istilah ilmu yang menjelaskan apa dan untuk apa internet tersebut, salah satu nya mungkin adalah sebuah istilah TLD (Top Level Domain), mungkin juga diantara anda sekalian telah banyak yang mengetahui nya, namun bagi anda yang baru masuk terjun kedalam dunia internet, bisa jadi anda belum faham denga istilah Top Level Domain tersebut. Maka dari itu disini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa yang dimaksud dengan Top Level Domain.

Sebetulnya Top Level Domain adalah salah satu cabang dari yang terkategorikan oleh Domain. Apa itu Domain? Domain adalah suatu nama yang unik atau nama suatu website yang mudah di ingat oleh pengguna internet. singkat saja, sekarang kita telah tau apa yang dimaksud dengan domain atau pusat dari Top Level Domain. Dan masih banyak lagi yang terkategorikan oleh Domain tersebut, Namun yang akan kita bahas saat ini adalah tentang Top Level Domain.

Jadi apa itu TLD (Top Level Domain) ? Top Level Domain adalah nama yang paling kanan pada sebuah Domain atau nama yang paling ujung. Seperti: www.ardetamedia.com .com tersebut adalah yang dimaksudkan dengan Top Level Domain. Namun Top Level Domain pun dibagi menjadi 2 cabang, yaitu: Generic Top Level Domain (gTLD), dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).

  • Generic Top Level Domain (gTLD) ialah Domain level tinggi yang bebas digunakan oleh siapapun tanpa harus terdaftar dahulu. Seperti: .com .net .edu .gov dan lain sebagai nya.
  • Country Code Top Level Domain adalah TLD yang dipergunakan untuk membedakan kode negara. Contoh nya adalah seperti .id digunakan untuk kode Negara Indonesia .us digunakan untuk kode Negara Amerika Serikat .sg digunakan untuk kode Negara Singapura. dan lain sebagai nya.

Jadi Top Level Domain adalah nama yang termasuk dari Domain yang terdapat pada setiap akhiran nama pada Domain. Dan Domain adalah nama alamat website yang mudah di ingat oleh pengguna internet.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.